Seperti yang kita ketahui, bahwa Instagram juga bisa dijadikan tempat untuk pemasaran online bisnis kecil maupun bisnis besar yang mendatangkan banyak pelanggan. Karena platform tersebut mudah diakses oleh siapa saja, besar kemungkinan memungkinkan penjual dapat menjangkau pelanggan lebih luas.
Keunggulan berjualan di Instagram sendiri yakni didukung dengan visualnya yang kuat. Sehingga pembeli dapat lebih tahu dan merasakan barang tersebut sebelum membelinya.
Berkaitan dengan pentingnya dunia teknologi dan informasi, Instagram dapat dijadikan sebagai channel untuk mempromosikan usaha. Mudah saja caranya, cukup foto produk, upload, dan beri caption yang sesuai.
Eits, pastikan caption yang dibuat menarik ya. Agar pembeli semakin tertarik!
Lalu, bagaimana caranya supaya bisa berhasil memasarkan bisnis melalui Instagram? Simak informasi singkat berikut ini.
Pergunakan Akun Bisnis
Saat pertama kali membuat akun Instagram, kamu akan diarahkan untuk memilih jenis akun Individu atau Akun Bisnis. Jika ingin usahamu lebih dikenal orang, silakan pilih Akun Bisnis. Pada akun jenis ini kamu dapat melihat analisa, serta dukungan fitur yang lebih mendalam untuk memasarkan produk kamu.
Nantinya jika ingin mulai beriklan, kamu hanya perlu mengkoneksikan ke akun Meta Ads saja. Mudah dan cepat, bukan?
Isi Biodata Bisnismu
Instagram menerapkan minimum dan maksimal karakter sebesar 150 kombinasi huruf dan angka. Berdasarkan hal ini, kamu dapat memanfaatkannya dengan memberikan deskripsi terkait bisnismu, misal barang apa yang dijual, kemudian kapan usaha ini berdiri, dan jam buka tutup. Pastikan juga menyertakan tautan ke situs web yang telah kamu buat sebelumnya.
Gunakan Hashtag Secara Cermat
Bagi sebagian orang mungkin menghiraukan hal ini. Namun, tahukah kamu bahwa di tahun 2024 nanti Instagram sangat mengutamakan konten berbasis SEO, di mana setiap postingan wajib mencantumkan keyword (hashtag) yang mungkin banyak dicari oleh orang lain.
Jangan remehkan strategi hashtag ini ya, karena cukup ampuh untuk bisnis usaha kamu!
Buat cerita di Instagram Story!
Kamu pasti tahu kan dengan fitur yang satu ini? Ya, Instagram Story. Fitur ini dapat kamu gunakan sebagai langkah awal strategi untuk memasarkan produk yang kamu jual. Tidak perlu desain yang terlalu ribet, cukup yang sederhana saja namun menarik itu sudah bisa untuk menarik pelanggan barumu.
Selain itu, kamu juga bisa tambahkan sticker atau GIF untuk mendorong interaksi kepada pengguna, agar mereka lebih penasaran dengan produk yang kamu tawarkan. Dari sini kamu akan mengetahui seberapa banyak orang dan followers aktif yang mengikutimu.
Masih banyak cara yang bisa kamu optimalkan selain cara diatas yang baru saja kami jelaskan. Kamu juga bisa berinteraksi dengan pelanggan dengan memberikan komentar atau repost kiriman mereka agar mereka tahu bahwa calon pembeli sangat dihargai olehmu.
Itulah beberapa informasi singkat yang bisa kamu pergunakan untuk memulai langkah kesuksesan membangun bisnis di Instagram. Jangan lupa untuk selalu percayakan pengiriman kepada OExpress. Karena kami siap melayani paket kamu kapanpun dan dimanapun!