Frequently Asked Questions

Frequently Asked Questions

OExpress adalah platform pengiriman barang yang menawarkan solusi pintar untuk mengirim dan memantau barang dengan mudah serta cepat dengan sistem real-time dan fitur serba otomatis.

Untuk membuat akun OExpress:

  1. Buka oexpress.id, lalu klik Masuk/Daftar
  2. Klik Register dan isi formulir pendaftaran
  3. Klik Daftar
  4. Cek email dari OExpress untuk verifikasi
  5. Setelah terverifikasi, kembali ke halaman sebelumnya dan pilih Login
  6. Lalui 3 langkah onboarding dengan mengisi data pelengkap termasuk unggah KTP

Untuk melakukan pengiriman:

  1. Buka oexpress.id, lalu klik Masuk/Daftar
  2. Isi data dan pilih Masuk
  3. Klik tombol “Buat Kiriman”
  4. Pilih ekspedisi yang akan digunakan
  5. Tentukan jadwal penjemputan (alamat, tanggal, dan jam penjemputan paket)
  6. Tentukan metode input data penerima
  • Input Manual (masukan satu per-satu data penerima)
  • Bulk Import (unggah file Excel data penerima dalam jumlah besar)

*Jika Input Manual:

  1. Klik Input Manual
  2. Isi formulir data penerima (nama, no. telepon, alamat lengkap, & kecamatan)
  3. Pilih metode pembayaran untuk penerima (COD/NON COD)
  4. Pilih layanan pengiriman ekspedisi (Regular, Same-Day, dll.)
  5. Lalu, isi formulir data barang (nama produk, nilai COD (jika paket COD)/nilai barang (jika paket NON-COD), berat, dan jumlah barang)
  6. Ceklis Asuransikan Barang (optional)
  7. Klik Lanjutkan. 
  8. Jika masih ada data yg akan dimasukan, ulangi proses 1-7 
  9. Jika daftar penerima sudah dimasukan, klik kirim barang
  10.  Print label untuk ditempel di paket
  11. Tunggu paket dijemput kurir penjemputan

**Jika Bulk import:

  1. Klik Bulk Import
  2. Siapkan data Excel penerima paket
  3. Klik tombol “Unduh contoh template”, lalu sesuaikan data dengan format Excel dari OExpress
  4. Jika format sudah sesuai, klik Pilih File dan unggah file Excel
  5. OExpress akan menginformasikan jika terdapat data yang invalid atau tidak sesuai format
  6. Jika ada kesalahan data/format, silahkan edit data atau klik Lanjut untuk memproses data yang sudah valid saja
  7. Klik Kirim Barang dan print label untuk ditempel di paket
  8. Tunggu paket dijemput kurir penjemputan

Sebagai platform logistik yang bertujuan untuk memudahkan dan mengotomatisasi proses pengiriman barang bagi pelaku bisnis, OExpress telah terintegrasi dengan berbagai pilihan ekspedisi seperti Paxel, SAP, JNE, dan SiCepat.

Layanan pengiriman yang tersedia di OExpress antara lain: Regular, Same-Day, Next-Day, dan Cargo, dengan metode pembayaran COD maupun NON-COD.

Saat ini, layanan OExpress sudah mencakup hampir seluruh kawasan Indonesia dan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya laju operasional OExpress.

OExpress adalah solusi logistik pintar yang dapat mempermudah pelaku bisnis, khususnya UMKM, dalam mengatur dan mengirim barang. Mulai dari proses pendaftaran yang gratis dan mudah hingga diskon ongkos kirim dan gratis biaya Return to Shipper (RTS) setiap bulannya. 


Dengan fitur otomatis yang dapat membantu menentukan ekspedisi terbaik dan sistem real-time, success rate COD pun dapat terus meningkat dengan pencairan dana secara langsung.

OExpress adalah platform pengiriman barang yang menawarkan solusi pintar untuk mengirim dan memantau barang dengan mudah serta cepat dengan sistem real-time dan fitur serba otomatis.

Untuk membuat akun OExpress:

  1. Buka oexpress.id, lalu klik Masuk/Daftar
  2. Klik Register dan isi formulir pendaftaran
  3. Klik Daftar
  4. Cek email dari OExpress untuk verifikasi
  5. Setelah terverifikasi, kembali ke halaman sebelumnya dan pilih Login
  6. Lalui 3 langkah onboarding dengan mengisi data pelengkap termasuk unggah KTP

Untuk melakukan pengiriman:

  1. Buka oexpress.id, lalu klik Masuk/Daftar
  2. Isi data dan pilih Masuk
  3. Klik tombol “Buat Kiriman”
  4. Pilih ekspedisi yang akan digunakan
  5. Tentukan jadwal penjemputan (alamat, tanggal, dan jam penjemputan paket)
  6. Tentukan metode input data penerima
  • Input Manual (masukan satu per-satu data penerima)
  • Bulk Import (unggah file Excel data penerima dalam jumlah besar)

*Jika Input Manual:

  1. Klik Input Manual
  2. Isi formulir data penerima (nama, no. telepon, alamat lengkap, & kecamatan)
  3. Pilih metode pembayaran untuk penerima (COD/NON COD)
  4. Pilih layanan pengiriman ekspedisi (Regular, Same-Day, dll.)
  5. Lalu, isi formulir data barang (nama produk, nilai COD (jika paket COD)/nilai barang (jika paket NON-COD), berat, dan jumlah barang)
  6. Ceklis Asuransikan Barang (optional)
  7. Klik Lanjutkan. 
  8. Jika masih ada data yg akan dimasukan, ulangi proses 1-7 
  9. Jika daftar penerima sudah dimasukan, klik kirim barang
  10.  Print label untuk ditempel di paket
  11. Tunggu paket dijemput kurir penjemputan

**Jika Bulk import:

  1. Klik Bulk Import
  2. Siapkan data Excel penerima paket
  3. Klik tombol “Unduh contoh template”, lalu sesuaikan data dengan format Excel dari OExpress
  4. Jika format sudah sesuai, klik Pilih File dan unggah file Excel
  5. OExpress akan menginformasikan jika terdapat data yang invalid atau tidak sesuai format
  6. Jika ada kesalahan data/format, silahkan edit data atau klik Lanjut untuk memproses data yang sudah valid saja
  7. Klik Kirim Barang dan print label untuk ditempel di paket
  8. Tunggu paket dijemput kurir penjemputan

Sebagai platform logistik yang bertujuan untuk memudahkan dan mengotomatisasi proses pengiriman barang bagi pelaku bisnis, OExpress telah terintegrasi dengan berbagai pilihan ekspedisi seperti Paxel, SAP, JNE, dan SiCepat.

Layanan pengiriman yang tersedia di OExpress antara lain: Regular, Same-Day, Next-Day, dan Cargo, dengan metode pembayaran COD maupun NON-COD.

Saat ini, layanan OExpress sudah mencakup hampir seluruh kawasan Indonesia dan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya laju operasional OExpress.

OExpress adalah solusi logistik pintar yang dapat mempermudah pelaku bisnis, khususnya UMKM, dalam mengatur dan mengirim barang. Mulai dari proses pendaftaran yang gratis dan mudah hingga diskon ongkos kirim dan gratis biaya Return to Shipper (RTS) setiap bulannya. 


Dengan fitur otomatis yang dapat membantu menentukan ekspedisi terbaik dan sistem real-time, success rate COD pun dapat terus meningkat dengan pencairan dana secara langsung.