Apa Itu Social Commerce?
Apakah kamu sudah mengenal istilah Social Commerce?
Merupakan sebuah model bisnis yang menggabungkan perdagangan elektronik yaitu e-commerce dengan platform media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dsb. Ini memungkinkan pengguna media sosial untuk berinteraksi dan melakukan pembelian barang atau jasa langsung dari platform media sosial.
Social Commerce
Social commerce sendiri adalah proses jual beli yang terjadi melalui platform media sosial. Tentunya kamu sudah sering lihat produk-produk yang muncul baik organic dan iklan di sosial media bukan? Berbeda dengan e-commerce yang biasanya dilakukan melalui situs web atau aplikasi khusus yang sudah disiapkan dan bisa kamu download melalui smartphone, social commerce membuat pengguna untuk dapat melakukan pembelian tanpa harus meninggalkan aplikasi media sosial, hmm menarik bukan?
Cara Kerja Social Commerce
Cara kerja:
- Membuat Toko online: Penjual membuat toko online di platform media sosial, unggah foto produk dan mengisi deskripsi produk.
- Promosi Produk: Menggunakan fitur promosi seperti iklan berbayar untuk menarik minat calon pembeli dan menjangkau banyak audience.
- Berinteraksi: Pembeli sebelum memutuskan untuk membeli dapat berinteraksi langsung dengan penjual melalui komentar dsb.
Ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakan dalam melakukan promosi yang efektif di media sosial:
1. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat
Kamu bisa menyesuaikan platform dengan yang digunakan oleh audiens atau orang-orang dengan target bisnis kamu. Misalnya Instagram atau Facebook.
2. Buat Profil Menarik
Pastikan profil bisnis kamu di sosial media lengkap dengan berbagai informasi dan foto serta link ke toko online atau situs web kamu & posting konten – konten yang berkualitas dan relevan dengan produk kamu.
3. Gunakan Jasa Influencer dan Endorse
Memilih influencer bisa menjadi pilihan untuk menarik pelanggan agar melakukan order, kehadiran influencer juga dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas dan memberikan rekomendasi yang dipercaya karena adanya testimoni dari penggunaan produk atau jasa yang kamu promosikan.
4. Gunakan Iklan Berbayar
Bisa juga menggunakan sarana lain yaitu iklan berbayar yang biasanya ditawarkan oleh platform sosial media seperti meta ads. Dari sini kamu bisa melakukan targeting kepada audience berdasarkan demografi dan minat yang sesuai.
5. Buat Diskon
Penawaran khusus pada periode tertentu dapat mendorong pembelian. Kamu bisa membuat campaign seperti promo atau voucher.
Aspek penting dari ekspedisi dalam industri social commerce, yaitu:
1. Pengiriman Cepat dan Efisien
Pelaku social commerce tentunya melibatkan transaksi langsung dan cepat, sehingga layanan pengiriman seperti same-day delivery menjadi kebutuhan penting untuk memenuhi keinginan konsumen dalam kecepatan pengiriman paket.
2. Integrasi dengan Platform Social Commerce
Saat ini banyak pemilik bisnis sudah bekerja sama dengan layanan ekspedisi untuk mengintegrasikan sistem pelacakan secara real-time, di mana pembeli dan penjual dapat monitor status pengiriman secara langsung melalui dashboard.
3. Pengiriman ke Berbagai Lokasi
Pelaku industri ini tentunya memiliki calon konsumen dan konsumen dari berbagai lokasi seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, layanan dari layanan ekspedisi harus dapat menjangkau wilayah yang luas, termasuk pengiriman antar kota dan antar provinsi, baik melalui darat, laut dan udara.
Kenapa Brand-Brand Mulai Melirik ke Social Commerce?
Saat ini karena adanya bentu respon yang berbeda terhadap perilaku konsumen yang lebih memanfaatkan teknologi pada media sosial yang tidak hanya untuk mencari informasi saja tapi juga untuk pengalaman belanja yang berbeda.
-
Jumlah Pengguna
Tentunya kita mengetahui bahwa pengguna sosial media saat ini baik secara global maupun lokal sudah sangat banyak sekali, dengan adanya peralihan ke industri ini tentunya brand dapat menggali atau bahkan mendapatkan pelanggan baru.
-
Biaya Lebih Murah
Dengan pembuatan konten-konten visual yang berkualitas seperti gambar dan video yang menarik, tentunya membuat calon pembeli akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Selain itu juga meningkatkan awareness dari brand tersebut, sisi lain dalam interaksi juga lebih cepat karena bisa bertanya langsung melalui DM, komentar dsb.
Butuh pengiriman untuk bisnis kamu di saluran social commerce? Pakai OExpress aja dengan success rate COD hingga 94,8% buat kirimanmu pasti sampai dengan cepat dan aman. Yuk pakai OExpress sekarang, selengkapnya
Frequently Asked Questions – Social Commerce
Apa yang dimaksud dengan social commerce?
Merupakan aktivitas jual beli yang berada di media sosial
Manfaat apa yang kamu dapatkan dari social commerce?
Menjangkau audience dan transaksi yang lebih banyak.